SEO (Search Engine Optimization)

PANDUAN SEO

JAELANI CHAIDIR, 52409531


Pada Kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang SEO. Sebelumnya, Search Engine Optimization (SEO) itu sendiri adalah proses merekonstruksi struktur situs untuk menghasilkan peluang yang paling besar agar tampil di jajaran utama/urutan teratas pada saat pengunjung mencari situs Anda melalui mesin pencari (search engine) yang populer, seperti Google, Yahoo, MSN, dll.. Dari pengertian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa dengan mempelajari SEO kita bisa meningkatkan jumlah pengunjung terhadap website kita dengan memilih keyword tertentu.

Petunjuk ini akan memandu Anda untuk lebih mengenal dasar-dasar SEO.

Memilih Kata Kunci (Keywords)

Langkah pertama dalam mengoptimalkan situs Anda bagi pencarian oleh search engine, adalah memikirkan dengan seksama kalimat-kalimat utama yang paling mencerminkan tentang bisnis Anda, dan menyusun teks di halaman-halaman berikutnya sekitar itu. Kata-kata atau kalimat ini dikenal sebagai kata kunci (keywords).

  1. Kata kunci pertama adalah nama/judul bisnis Anda.
  2. Serangkaian kata kunci kedua, berisi tentang nama Anda dan nama staff penjualan Anda, atau seseorang dalam organisasi yang bertugas menemui calon klien/prospek.
  3. Buatlah kata kunci tambahan sebanyak-banyaknya yang mencerminkan bisnis Anda. Sesi tukar pendapat adalah suatu jalan/cara yang baik untuk menghasilkan gagasan kata kunci. Libatkan staff Anda bersama-sama di kedai pizza lokal. Jalin pertemuan dengan asosiasi bisnis atau orang dalam kelompok Anda.

Kualifikasikan keyword pilihan Anda

Tidak semua kata kunci membawa hasil yang sama. Jika bisnis Anda tidak lazim, atau jika Anda tidak mempunyai banyak pesaing, kata kunci yang paling jelas nyata akan mendapatkan posisi yang baik dalam mesin pencari. Sekalipun Anda ada di dalam suatu bidang yang penuh sesak, arahkan bidikan pada kata kunci yang relevan. Anda mungkin ingin mengetahui strategi tambahan seperti daftar direktori (directory listings) atau pay-per-click agar bisnis Anda dapat dilihat di web.

Salah satu strategi untuk mengidentifikasi kata kunci terbaik dari sesi tukar pendapat yang Anda lakukan adalah dengan menggunakan Wordtracker ( www.wordtracker.com). Wordtracker memberi daftar kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci yang Anda masukkan, dan menunjukkan kata kunci Anda yang mana yang populer dan seberapa baik halaman Anda akan memperoleh ranking relatif dibanding dengan situs lain yang menggunakan kata kunci yang sama.

Menyusun Struktur isi halaman di sekitar kata kunci

Setelah Anda mengidentifikasi kata kunci Anda, letakkan mereka untuk digunakan, satu kata kunci per halaman. Masukkan kata kunci pada tempat yang memungkinkannya terlihat dalam halaman teks. Mulailah dengan halaman Judul (Title) dan Isi Halaman (Page Content), sebagaimana mesin pencari memberi bobot dari pemakaian kata kunci di bidang ini.

  1. Judul halaman.
    Tempatkan kata kunci Anda pada judul halaman, lebih bagus lagi di awal judul. (Judul tersebut ditampilkan di bagian atas halaman browser). Walaupun masing-masing mesin pencari berbeda dalam cara melihat kata-kata, sebagai contoh Google mencari 5-8 kata-kata dalam judul, MSN 3-5 kata ­ jangan terlalu terobsesi akan hal ini. Tulislah sesuatu yang masuk akal bagi pengunjung Anda dan gambarkan dengan jelas apa yang ada dalam halaman tersebut.
  2. Isi halaman.
    Susun struktur konten dalam halaman Anda untuk menonjolkan kata kunci yang Anda pilih. Google dan Yahoo suka melihat kata kunci nampak 5-38 kali di dalam teks halaman Anda, sedangkan MSN suka 1-2. Gunakan pertimbangan Anda sendiri. Ingatlah, yang terpenting konten Anda masuk akal bagi audiens Anda.

Setel Sampai Pas

Mesin pencari juga menggunakan konten lain yang visible dalam menentukan keterkaitan kata kunci. Teks di dalam links, nama file, dan tag alt dapat mempengaruhi rangkin halaman Anda di mesin pencari.

  1. Teks di dalam link - Teks ini, pada umumnya digaris-bawahi (underlined), links menghubungkan sebuah halaman ke halaman lain atau bagian lain dalam halaman yang sama.
  2. Nama File - Jika Anda dapat memasukkan kata kunci dalam nama file .html yang merupakan target dari kata kunci tersebut, hal ini dapat lebih membantu mesin pencari.
  3. Alt tags - Teks ini yang muncul dalam kotak putih kecil manakala mouse Anda menyorot sebuah gambar atau foto.

Konten yang tidak terlihat

Kata kunci Meta (Meta Keywords) dan Penjelasan Meta (Meta Description) adalah konten non-visible yang mempengaruhi beberapa mesin pencari. Tag Meta Keyword berisi kata kunci yang muncul dalam halaman. Meta Description berisi uraian ringkas yang menjelaskan isi situs, dan ditampilkan dalam hasil pencarian.

Oleh karena penggunaan yang berlebihan dan disalahgunakan, kebanyakan mesin pencari tidak percaya semata-mata pada unsur-unsur ini, dan beberapa diantaranya mengabaikan seluruhnya. Bagaimanapun juga, sebuah Meta Description yang menjelaskan secara ringkas isi halaman situs cukup bermanfaat. Gunakanlah tag ini untuk tujuan pemasaran, agar orang terarik orang meng-klik link ke situs Anda daripada ke situs lainnya.

Popularistas Link

Secara teori, mesin pencari berasumsi bahwa jika situs Anda terhubung (link) dengan situs lain, hal ini akan lebih mendongkrak rangkin. Dua jenis link utama yang bekerja dengan baik untuk meningkatkan popularitas link Anda: link dari situs lain yang berfokus pada kata kunci yang sama dengan situs Anda, dan link dari kategori yang relevan di direktori utama dan portal industry-spesifik.

Sangat sering link dari situs yang relevan akan membawa lebih banyak kunjungan (traffïc) ke situs Anda dibanding traffic yang dihasilkan karena rangking yang tinggi dalam mesin pencari, maka adalah berguna melakukan beberapa usaha untuk membuat link ke direktori.

0 komentar: